Kamis, 07 Juli 2011

Review Game Arcade - Mahou Daisakusen (Sorcer Strike) - Gameplay

Ya saya tahu... Seharusnya blog saya berisi cerita... namun bagaimanapun tetap saja tidak akan ada yang akan membaca blog saya so whatever lah...

Akhir-akhir ini saya berkecimpung dalam dunia game arcade melalui program emulator MAME. Salah satu game yang saya telah coba dan saya mainkan adalah Mahou Daisakusen atau judul Inggrisnya adalah Sorcerer Strike. Game ini bertipe vertical shooter (tembak-tembak) kalau anda senang main game pasti paham istilah ini.. Game ini dibuat oleh perusahaan Raizing / Eighting yang sering menerbitkan game-game shotter, dan ini adalah salah satu game pertama mereka, walau demikian bagi saya game ini enjoyable. Mari lanjut.

Game ini sederhana, tidak ribet, dan temanya menarik. Tidak seperti sebagian besar game lainnya dengan setting dunia modern dengan pesawat jet atau sci-fi dengan pesawat ruang angkasa, game ini berseting disebuah dunia di mana teknologi dan sihir berada bersama-sama dengan seting zaman pertengahan ala eropa. Musuh-musuh yang kita temukan juga demikian, campuran makhluk mitos dengan teknologi, jadi kita dapat temukan naga cyborg, goblin naik mecha dan kura-kura dengan meriam di tempurungnya.

Plot ceritanya adalah: Goblin Empire atau semacamnya, dengan mempergunakan persenjataan dan kendaraan tempur 'modern' melakukan invasi besar-besaran untuk menguasai dunia. Namun terdapat 4 pilot bayaran yang akan menghalangi rencana para Goblin. Masing-masing pilot mempunyai alasan tersendiri mengapa dia melakukan hal tersebut, dan nasib dunia sekarang berada di tangan mereka.

Kerajaan Goblin Menyerang!!!!
4 Kssatria dayang menyelamatkan!!! Mampukah mereka melakukannya?
MAHOU DAISAKUSEN!!! Ini lauar judulnya...
4 tokoh yang akan menjadi pahlawan yang pemain kendalikan adalah:

Gain Si Ksatria dan sahabatnya Monyet! Gain selalu bermimpi menjadi orang terkuat di dunia dan dia turut serta melawan Goblin semata untuk membuktikan bahwa dialah yang terkuat (plus mendapatkan senjata paling kuat di dunia sebagai imbalan menyelamatkan dunia)
Chitta si Penyihir! Chitta berasal dari desa, dan dia hanya mempunyai mimpi sederhana, yakni ingin menjadi idola, dan apalagi yang lebih membuat terkenal selain menyelamatkan dunia? Oh ya, sebagai hadiah dia tidak meminta banyak hanya sebuah 'battleship' untuk kakeknya di desa.
Miyamoto si Naga Samurai. Dia turut serta dalam perang melawan para Goblin semata untuk menemukan ninja pembunuh master-nya yang konon bergabung dengan tentara Goblin.
Bornnam si Dukun Hitam. Dengan sihir hitamnya dan kekuatan kegelapan untuk memanggil roh dan setan, sangat mengherankan mengapa Bornnam melawan para Goblin. Ternyata karena para Goblin menghalangi rencananya untuk menguasai dunia dengan kegelapan.

Dalam game ini hanya digunakan 2 tombol, tombol A untuk menembak dan tombol B untuk menjatuhkan bomb.
DUAAAAARRRR!!! Inilah akibat kalau menekan tombol B... BTW, semua karakter bom-nya sama.

Senjata utama setiap kapal umumnya sama, yakni berupa tembakan ke arah depan. Senjata utama ini  dapat diperkuat dengan menembak kantong-kantong bertuliskan huruf "P" hingga mengeluarkan koin-koin yang harus dikumpulkan untuk memperkuat senjata utama.
Kantong P mengeluakan Koin P untuk memperkuat senjata utama. Para Fairy membawa buku sihir berwarna dan berhuruf yang akan memberikan atau memperkuat senjata utama.

Selain senjata utama, setiap kapal mempunyai 3 opsi senjata sekunder yang pada masing-masing kapal mempunyai efek yang berbeda. Setiap opsi mempunyai warna yang berbeda untuk memudahkan para pemain memilihnya. Opsi untuk memilih senjata sekunder umumnya dibawa oleh peri yang muncul di layar dan membawa kotak yang bertuliskan huruf dan warna sesuai dengan opsi yang diberikannya. Setiap opsi senjata sekunder dapat diupgrade hingga 3 level dengan mengambil opsi yang sama kembali (anda akan ngerti kaau main). Adapun opsi-opsi tersebut adalah:
1. Opsi Homing (H)
Opsi Homing akan memberikan senjata sekunder yang aan mengunci target musuh dan menyerangnya secara otomatis. Opsi ini sangat berguna jika terdapat banyak musuh di map dan kamu malas menembak mereka. Tiap orang mempunyai bentuk Homingnya masing-masing. Gain akan melemparkan 4-10 pedang yang mengincar musuh. Chitta akan mengeluarkan api yang panjang pendeknya tergantung level opsinya. Miyamoto akan memunculkan naga kecil yang akan menyemburkan bola-bola api ke arah musuh. Bornnam akan mengeluarkan 6-10 energi (ular?) yang dapat berbelok 90 derajat untuk menyerang musuh yang ada di samping.

Gain dan Homing Pedangnya. Level 1 mengeluarkan 4 pedang, Level 2 8 pedang dan Level 3 10 pedang.
Chitta mempunyai FLAMETHROWER!!! Panjang pendeknya api tergantung level senjata utamanya. Semakin tinggi maka akan semakin panjang. Level 3 dapat mencakup 2/3 layar lho.
Miyamoto memanggil naga kecil yang akan menyemburkan bola-bola api ke arah musuh.
Bornnam mengeluarkan sekumpulan energi mirip ular yang dapat berbelok dan menyerang musuh yang berada di samping.

2. Opsi Wide (W)
Opsi Wide akan memberikan senjata sekunder yang akan menembakkan peluru ke arah samping (umumnya sudut 30 derajat pemain). namun menurut saya opsi ini kurang berguna, karena attack power terlalu rendah. Gain akan melemparkan beberapa kapak ke arah samping. Cincin es Chitta akan melemparkan bongkahan-bongkahan es secara menyebar. Miyamoto melemparkan beberapa bom yang akan meledak (dengan disertai huruf kanji) yang juga akan memberikan dampak bagi musuh di sekitar ledakan. Bornnam memanggil kelelawar yang akan terbang menyebar menghantam musuh di arah depan.
Gain melemparkan beberapa buah kapak. 2 buah pada level 1, 4 buah pada level 2, dan 6 buah kapak raksasa pada level 3.
Chitta akan membuat cincin es mengeluarkan bongkahan-bongkahan es yang dapat menyebar dan mencakup daerah sebesar 180 derajat. (Jadi ingat busur derajat.)
Miyamoto akan melemparkan bom-bom ninja yang jika mengenai musuh akan meledak dengan ledakan bertuliskan huruf-huruf kanji. (Saya hanya bisa baca 忍 yang berarti kesabaran)
Bornnam memanggil kelelawar yang akan menabrakkan diri mereka ke musuh yang berada di depan. Kamikaze?

3. Opsi Front (F)
Opsi Front akan memberikan senjata sekunder yang akan menembakkan senjata ke arah depan dengan kekuatan penghancur yang kuat. Saya selalu memilih ini, terutama untuk melawan boss setiap stage. Gain akan mengeluarkan 2 buah pedang yang akan menebas semua benda yang ada di depannya, semakin tinggi level opsinya maka akan semakin besar pedangnya. Chitta akan mengeluarkan petir hijau dari tongkat sihir. Miyamoto akan memanggil ninja bawahannya untuk melemparkan shuriken atau kunai tergantung level opsinya. Bornnam akan memanggil kekuatan kegelapan atau semacamnya, berupa energi tengkorak berwarna hijau yang akan menghancurkan semua benda di depannya.
Gain melemparkan 2 buah pedang. Semakin tinggi level senjatanya maka akan semakin besar ukuran pedangnya. Pedang level 3 ukurannya impresif.

Chitta melalui tongkat sihirya akan memanggil petir (?) yang akan menyambar semua musuh yang ada di depannya.

Miyamoto akan memanggil para ninja bawahannya yang akan melemparkan shuriken atau kunai ke arah depan.

Bornnam dengan energi tengkoraknya yang kemungkinan besar berasal dari kekuatan kegelapan.

Demikianlah, keempat karakter dan ketiga mode senjata sekunder yang terdapat dalam game ini. Dalam review berikutnya saya akan menunjukkan stage-stage yang ada dalam game ini.

Lanjutan:
Stage Preview 1-3
Stage Preview 4-6

2 komentar:

  1. Yess gue juga suka game ini, tapi armed police batrider lebih lengkap karakternya

    BalasHapus
  2. Tampilkan juga gambar kapal battleship tank yang ada di game mahou daisakusen lengkap

    BalasHapus