Jumat, 08 Juli 2011

Review Game Arcade - Mahou Daisakusen (Sorcer Strike) - Stage Review (SPOILER ALERT)

Spoiler Alert: Review saya ini mencakup keseluruhan game. Kalau anda ingin memainkan game tanpa pengetahuan stage dan menemukan seperti apa stage tersebut sendiri, jangan membaca lebih lanjut.

Bandwitch Alert: Review saya mempunyai banyak sekali gambar. Kalau koneksi Anda lambat, gambar-gambar akan sangat lambat keluar.

Kemarin saya sudah mempublikasikan sedikit gameplay game Mahou Daisakusen. Saya tidak akan banyak berkomentar mengenai kesulitan game ini karena sebenarnya saya bukan ahli permainan shooter vertical seperti ini. Saya hanya penikmat game saja. maka dari itu saya hanya akan mereview stage hanya dari segi estetika desain stage dan musuh bukan segi gameplay.
Saya suka dengan tema dan animasi yang terdapat dalam game ini. Campuran antara dunia abad pertengahan, makhluk-makhluk mitologi dan teknologi memberikan feel yang khas, seperti misanya retrotechnopunk. Stage yang terdapat dalam game ini terdapat dalam berbagai setting.
Stage 1 adalah sebuah daerah istana dan kota di sekitarnya. Stage 2 membawa kita di atas awan untuk menghadapi kapal terbang perang raksasa milik musuh. Stage 3 adalah sebuah dungeon (penjara) dan berakhir di saluran air. Stage 4 adalah padang pasir, reruntuhan kota modern dan berakhir di luar angkasa. Stage 5 adalah pabrik senjata musuh. Stage 6 adalah stage yang unik, dengan gaya stage seperti gladiator, menghadapi satu persatu mini boss, dan kalau menang kita akan dilempari koin dan power-up oleh penonton, sebelum akhirnya menghadapi raja dari para goblin, yang mengendarai Wajah Raksasa! Stage 7 tampak seperti sebuah parade para rakyat untuk menyambut kemenangan kita melawan para goblin sebelum tiba-tiba kita diserang oleh Bashinet, mini-boss yang sering kita hadapi berkali-kali.

Mari kita mulai review stagenya mulai dari stage 1.
Stage 1 dimulai. Mari menyelamatkan dunia. Kalau Anda bisa melihat di gambar, kita dilepas pergi oleh para ksatria yang akan mengangkat pedangnya sewaktu kita melewati mereka. Rasanya seperti pahlawan sebenarnya.
Salah satu musuh besar pertama sebuah naga-cyborg dengan meriam di punggungnya. Di sin idapat kita lihat desain musuh yang unik di game ini, gabungan antara makhluk mitos dengan teknologi, sebuah makhluk mecha-mitos?
Kita mulai memasuki daerah istana yang akan kita selamatkan. Dapat dilihat di gambar sebuah pesawat perang dari Kerajaan Goblin yang melemparkan tombak ke arah pemain. Di dinding dapat dilihat 2 warga yang menyambut kedatangan kita.
Kura-kura raksasa! Tidak hanya itu tapi kura-kura ini tempurungnya adalah sebuah benteng dengan 2 menara meriam dan 3 meriam kecil di tempurungnya. Desain yang sangat unik. Kita akan menemui banyak kura-kura lain yang lebih kecil dengan meriam di tempurungnya.
Perkenalkan, Bashinet. Tampaknya Bashinet itu sebuah cyborg-naga, di sini 2 bawahannya melengkapi Bashinet dengan 2 meriam sihir raksasa.
Bashinet Mk.1 siap untuk menyerang! Ini adalah Mid-Boss Stage 1. Di gambar dapat terlihat 3 tentara infantri goblin.

Inilah kekuatan dari meriam sihir Bashinet, tembakannya menghancurkan rumah-rumah yang terdapat di peta. Dapat kita lihat reruntuhan rumah yang menjadi korban meriam Bashinet.
Setelah mengalahkan semua musuh di dalam istana maka kitapun mulai meninggalkan istana untuk menyerang tentara goblin di tempat lain. Dapat kita lihat para warga berkumpul di dinding istana untuk mengucapkan terima kasih dan semoga berhasil (menurut saya setidaknya).
WARNING! Bahaya. Setiap kali tanda peringatan ini berbunyi berarti pertanda akan ada boss yang akan datang.
Inilah boss stage pertama sebuah pesawat terbang + Naga atau naga + pesawat terbang ya? Intinya gabungan antara pesawat terbang dengan 3 naga atau setidaknya kepala naga yang dapat menyemburkan api dan memanggil naga-naga kecil untuk menyerang kita.

Namun di bawah kekuatan kita, naga+pesawat terbang tersebut tidak ada apa-apanya. Daerah istana sudah aman dengan kehancuran naga+pesawat ini. Mari kita selamatkan daerah lain!
 Stage 2
Seperti kebanyakann game shooter lain di dunia pasti ada stage di mana pemain terbang tinggi di angkasa. Stage 2 dimulai jauh di atas awan. Misi kita? Hancurkan kapal perang terbang milik musuh.
Contoh desain musuh yang unik lainnya. Pesawat merah dengan desain ikan?

Kapal musuh terdeteksi dan meriam-meriam anti serangan udara milik mereka sangat menyebalkan.
Tentu saja sebuah kapal perang tidak lengkap tanpa meriam besar dengan laras besar.
Masih ingat kapal musuh kecil dari stage 1? Mereka berasal dari sini. Hancurkan semuanya!
Bridge alias ruang kemudi kapal perang ini. Tentu saja tujuan kita adalah: Hancurkan! Oh ya  hati-hati dengan sekumpulan besar meriam yang akan mucul di sekitar ruang kemudi.
Kita sudah sampai ke ujung haluan kapal. Warning! Boss terdeteksi.
OK saya kesulitan menjelaskan bentuk apa boss ini, seperti gabungan antara cakar, tengkorak dan sebuah pesawat terbang merah? Yang pasti boss ini senang menembakkan energi berbentuk tengkorak dari mulutnya dan meninju kapal anda dengan tangannya.
Tentu saja boss ini kalah juga pada akhirnya dengan banyaknya tembakan yang kita lepaskan. Stage 2 selesai! Mari pergi ke stage 3!
 
Stage 3. Stage yang dimulai di sebuah hutan dan dibalik hutan tersebut terdapat sebuah gerbang yang dijaga oleh 2 troll(?) dalam kerangkeng dan prajurit goblin? Mencurigakan. Ada apa di balik gerbang sebenarnya mari kita masuk! Tanpa ijin dan dengan senapan berasap tentunya.
Kita sudah di dalam. Hmm, ternyata sebuah dungeon ya? Selain dihuni oleh makhluk-makhluk dan monster-monster menyeramkan, ada apa lagi ya? Uuuu... Sinar merah apa yang terdapat di antara dua patung tersebut? Mekanisme keamanan?
Ternyata sinar merah tersebut memanggil kemunculan dinding batu yang muncul dari dinding dan menggencet apapun yang sial berada di arah kemunculannya. Dapat dilihat beberapa musuh yang meledak berkeping-keping setelah menjadi gepeng.
2 Monster penjaga dungeon. Saya heran bagaimana mereka bisa terbang dengan sayap penuh lubang.
Anda tadi sudah melihat mekanisme keamana beruba dinding batu yang tiba-tiba muncul, sekarang anda berhadapan dengan mekanisme keamanan yang lain lagi yakni berupa dinding yang semakin lama semakin merapat, lebih baik anda segera kabur sebelum terlambat!

Fuuu.... Hampir saja terlambat dan jika lebih lama lagi akan menjadi dendeng gepeng.

Kita bertemu dengan Bashinet lagi! Sekarang dia membawa 2 buah lingkaran gergaji dan tempat duel kita sangatlah sempit, bahaya.. bahaya...
Bashinet kalah juga pada akhirnya dan meledak (sekali lagi), namun kali ini ledakannya menghancurkan dinding di belakang, sehingga...
WAAAA!!! Air bah!!! Saya harap kapal anda tahu bagaimana caranya untuk berenang!
BLUP BLUP BLUP BLUP BLUP....oooooo
Sekarang stagenya berubah menjadi stage dalam air! tentu saja musuhnya akan menyesuaikan diri, jadi sekarang kit amenghadapi ikan piranha dan sekali lagi kura-kura!
Tentu saja stage bawah air tidaklah lengkap tanpa kemunculan tiba-tiba belut raksasa yang akan menyedot anda masuk ke dalam mulutnya dan gelembung hijau yang akan memerangkap anda sehingga tidak dapat bergerak.
Naga air! Atau cacing air? Apapun itu mereka menyebalkan karena bisa kabur ke bawah air dan muncul secara tiba-tiba.

WARNING! Peringatan, Boss muncul dari samping?
Bossnya tampak seperti amuba protoplasmik raksasa bertangan dan berkepala? Bola merah di dalam tubuhnya adalah sebuah nukleus? Tampaknya demikian. Atau sebenarnya sebuah moluska atau kolenterata seperti ubur-ubur? Hanya pembuatnya yang tahu.
Yang pasti seperti sebagian besar boss, jika terus menerus menelan peluru makaakhirnya kalah juga. Namun saya heran mengapa sebuah benda protoplasmik tanpa mesin meledak begitu kalah?
 Stage 4-6 akan saya teruskan di post berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar